8 Fakta Tentang Kucing

14 Sep 2014

Guys, kucing merupakan hewan yang paling mudah untuk dijumpai. Selain perawatan dan pengembangbiakannya yang mudah, Kucing dikenal sebagai predator yang tangguh. Seperti apa kelebihan lainnya ? Simak fakta Tentang Kucing berikut ini :

1. Kucing memiliki nama ilmiah Felis Silvestris Catus, merupakan sejenis hewan pemakan daging (karnivora)

2. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6000 tahun SM. Hal ini diketahui dari kerangka kucing yang ditemukan di pulau Siprus. Bahkan orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung hasil panen mereka.

3.Kucing dianggap sebagai “karnivora yang sempurna” dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada familiCanidaeatauanjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak sepertikarnivoralain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan.

4. kucing memerlukan tempat mencakar untuk menanggalkan lapisan lama pada kukunya. Tujuannya agar kuku dapat tetap tajam dan terjaga kesehatannya. Tidak adanya tempat khusus ini akan menyebabkan kucing banyak merusak perabotan.

5.Sering kali kucing menunjukkan perilaku memilih makanan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki organ pembau khusus di langit-langit mulutnya yang disebut sebagaiorgan vomeronasalatauorgan Jacobson. Ketika organ ini terstimulasi oleh suatu jenis makanan tertentu, kucing akan menolak makanan selain makanan itu.

6.Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan “kumis” atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.

7. Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka.Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicualergipada manusia. Kadang kala kucing memuntahkanhairballatau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka.

8. Kucing menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

Mau tau fakta lain tentang Kucing ? Kunjungi http://www.qucing.com


TAGS kucing tentang kucing


-

Author

OTIKET INDONESIA
Jl. Sultan Alauddin, No.100, Makassar 90221
Telp : 0821 9425 7940
SMS : 0857 566 46573
BBM 1 : 264FFE1C
BBM 2 : D205422D
Email : cs@otiketindonesia.com

Follow Me